ISMKMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang bersifat independen dan berdisiplin ilmu kesehatan masyarakat.ISMKMI memiliki Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia sebagai acuan program kerja dalam rangka pengembangan organisasi yang bertujuan untuk menggalang persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dalam tubuh ISMKMI sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Arah dan sasaran ISMKMI, adalah mengembangkan sumber daya manusia, menjalin kerjasama dengan organisasi terkait, melakukan pengabdian masyarakat, dan menyikapi setiap kebijakan pemerintah demi tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
Sebagai bagian dari mahasiswa dan stakeholder kesehatan di Indonesia, ISMKMI harus berperan aktif dalam proses pembangunan kesehatan. ISMKMI juga Planning of Action pergerakannya. Sama halnya dengan daerah – daerah wilayah satu lainnya, Provinsi Jambi juga mendapatkan arahan pergerakan dari wilayah ke daerah. Dan untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya keselarasan dan kesatuan langkah di dalam ISMKMI itu sendiri untuk segera menatap masa depan ISMKMI yang lebih baik, ISMKMI daerah Jambi dan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi, Universitas Adiwangsa Jambi, STIKes Harapan Ibu Jambi dan STIKes Merangin akan menyelenggarakan kegiatan Generation of ISMKMI’s Event (GOOSE) IV yang didalamnya terdapat rangkaian acara Seminar Nasional dan Basic Training Of Public Health (BTOPH) bersama dengan Institusi Kesehatan Masyarakat di Provinsi Jambi.
Kegiatan GOOSE IV diadakan pada tanggal 13-14 Oktober 2018 yang bertempat di Ruang Pola Walikota Jambi (Seminar Nasional) dan Kwarda Jambi (BToPH)., kegiatan ini Mengusung Tema “Berintegritas dan Berkualitas (Membentuk Generasi Kesehatan Masyarakat yang Berintegritas dan Berkualitas )”. Dengan Sub Tema Seminar 1 “Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Program Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)” dengan pemateri oleh Ibu dr.AgustinKusumayati, MSc., Phd (Ketua Umum AIPTKMI) dan sub tema seminar 2 “Kebijakan Pembangunan Kesehatan di Provinsi Jambi” oleh Bapak Raflizar.,SKM.,M.Kes.