Lokasi

 

Gedung FKM beralamat di Jalan Tri Brata, Km 11 Kampus Unja Pondok Meja Mestong, Kab. Muaro Jambi. Lokasi Gedung FKM ini tepat berada disamping Gedung Sekolah Polisi Negara, dengan waktu tempuh dari pusat Kota Jambi sekitar 25 menit.

Fasilitas

Laboratorium

Laboratorium merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabmas di bidang kesehatan masyarakat. Laboratorium dipimpin oleh seorang tenaga fungsional yang keahliannya sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan dan teknologi kesmas. Laboratorium FKM terdiri dari:

 

Laboratorium Epidemiologi

Laboratorium epidemiologi terfokus pada pengenalan tempat, orang dan waktu terhadap perkembangan penyakit dalam upaya pencegahan dan penanggulangan agar tidak terjadi KLB.

 

Laboratorium KKK

Laboratorium KKK berisi tentang pengenalan peralatan dan upaya pencegahan termasuk dalam komponen manajemen yang berfokus pada health and safety di lingkungan perusahaan atau kantor.

 

Laboratorium Kesehatan Lingkungan

Laboratorium kesehatan lingkungan berfokus pada upaya pengendalian lingkungan, yang diawali dengan perilaku masyarakat dan individu yang berorientasi baik perorangan maupun masyarakat, sehingga tercipta kesehatan lingkungan yang sehat termasuk dalam upaya pencegahannya

 

Laboratorium Gizi

Praktikum gizi merupakan satu metode pembelajaran yang diterapkan akademik untuk membentuk skill mahasiswa terhadap kompetensi yang bersifat keahlian dibidang kesehatan masyarakat yaitu pemahaman gizi kesehatan masyarakat, penyusunan menu dan zat gizi, penilaian status gizi individu dan masyarakat secara klinik, biokimiawi, antropometrik dan dietetik untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat.

 

Laboratorium Komputer

Sesuai dengan perkembangan ilmu Ilmu Kesehatan Masyarakat serta informasi teknologi yang semakin canggih, maka mahasiswa prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan penggunaan komputer. Minimal, mahasiswa mampu mengoperasikan komputer, menguasai microsoft office dan teknik pengolahan data statistik sederhana, data penelitian sederhana melalui program komputerisasi serta pemanfaatan komputer dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat. Penggunaan laboratorium komputer dijadwalkan oleh bagian kurikulum sesuai dengan kebutuhan PBM. Di luar jam PBM, mahasiswa juga dapat memanfaatkan laboratorium untuk pengetikan tugas dan akses internet online sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Labor Komputer terdiri dari 20 unit komputer, dalam kondisi baik. Universitas Jambi telah menyediakan tenaga teknisi yang nantinya akan melakukan pengelolaan dan maintenance peralatan komputer yang ada.

 

Laboratorium Audio Visual Aids (AVA)

Laboratorium AVA difasilitasi dengan media dan alat peraga untuk mendukung upaya promosi kesehatan yang berorientasi ke penyebarluasan informasi kesehatan.