Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Jambi (Unja) oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Muhammad Nasir, Ph.D. Ak. Acara berlangsung di Gedung Auditorium Dikti Senayan, Jakarta, Rabu (27/01).

Pada kesempatan tersebut Menristekdikti juga melantik Rektor Universitas Jember Drs Moh Hasan, M.Sc, Ph.D, Direktur Politeknik Sriwijaya Dr Ing Ahmad Taqwa, MT dan beberapa pejabat di lingkungan Kemenristekdikti.

Menristekdikti dalam sambutannya mengatakan, agar pejabat yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Terlebih tantangan bagi pergururuan tinggi semakin besar dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Persaingan atau kompetisi berasal dari internal kampus dan antar universitas di Indonesia terlebih universitas di luar negeri, khususnya Asia Tenggara” terangnya.

Menurutnya, tantangan kedepan selanjutnya adalah bagaimana hasil riset di perguruan tinggi dapat menjadi suatu inovasi yang menghasilkan manfaat bagi masyarakat. Di samping itu, Menristekdikti mengatakan bahwa demi perkembangan ke depan memerlukan tata kelola yang baik sebagai tuntutan yang harus dijalankan dan prinsip Good Governance sebagai tujuan untuk menjalankan pengelolaan tersebut.

“Good governance akan menciptakan tata kelola pemerintah dan universitas yang baik, yakni menggunakan empat unsur yang meliputi transparancy, fairness, acountability, dan responsibility,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya Menristekdikti menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama. “Terima kasih dan penghargaan atas usaha pemikiran serta peran yang yang pernah disumbangkan dan selalu tetap berkonstribusi dan berbuat untuk kemajuan institusi,” ucapnya.

Sementara itu, Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D usai dilantik mengatakan sudah banyak fundamen kuat yang terbangun di Universitas Jambi dari kepemimpinan sebelumnya. “Program prioritas segera akan kita laksanakan dan melanjutkan program yang baik dari rektor sebelumnya,” kata rektor.

Mengenai tantangan perguruan tinggi kedepan, rektor mengatakan tantangan perguruan tinggi yang semakin berat akan kita sikapi dengan memotivasi diri untuk menjadi yang lebih baik. “Perguruan tinggi harus mengambil langkah-langkah strategis untuk menuju yang lebih baik dan berkualitas,” jelasnya. (Dedi Irwandi)