Optimalisasi Peran Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Paal Merah dalam  Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Berbasis Keluarga

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan suatu kelompok yang berperan untuk membina keluarga bermasyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan yang dapat menghasilkan sinergi untuk keluarga sejahtera yang mandiri dengan meningkatkan mental spiritual perilaku hidup dengan menghayati dan mengamalkan Pancasila. Dapat dikembangkan lebih luas lagi dengan berbagai upaya atau usaha dan kegiatan, seperti meningkatkan pendidikan dan ketrampilan yang diperlukan, ikut mengupayakan dalam kehidupan bangsa serta meningkatkan pendapatan keluarga, meningkatkan kualitas adan kuantitas pangan keluarga, meningkatkan derajat kesehatan, kelestarian lingkungan hidup serta membiasakan hidup berencana dalam semua aspek kehidupan dan perencanaan ekonomi keluarga dengan membiasakan menabung. Beberapa isu kesehatan masyarakat yang dapat menjadi prioritas utama TP-PKK di tingkat kecamatan untuk diperhatikan, meliputi kesehatan ibu dan anak, perilaku merokok, kesehatan ibu hamil, vaksinasi pada BALITA, kesehatan remaja dan anak sekolah, kesehatan lingkungan pemukiman, gizi pada anggota keluarga serta isu yang berhubungan dengan epidemiologi sosial (kejadian penyakit yang berbasis kepada karakteristik masyarakat).

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi pada bulan Agustus 2019 dan didukung oleh 2 Kecamatan di Kota Jambi – Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Paal Merah. Tim Pengabdian Masyarakat FKM UNJA diketuai oleh Hubaybah, S.K.M.,M.K.M dengan beranggotakan Herwansyah, S.K.M.,M.P.H dan Vinna Rahayu Ningsih, S.K.M.,M.Kes serta dibantu oleh Mahasiswa Peminatan Promosi Kesehatan, Epidemiologi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Administrasi Kebijakan Kesehatan. Kegiatan pemberdayaan anggota TP-PKK Kecamatan dihadiri 80 orang pengurus TP-PKK dan kader serta dibuka langsung oleh Camat Jambi Timur dan Camat Paal Merah, dilanjutkan pemberian materi oleh Tim Pengabdian Masyarakat FKM Universitas Jambi. Tim Pengabdian Masyarakat memberikan panduan DIARI KELUARGA SEHAT kepada kader di beberapa kelurahan di Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Paal Merah.

Para kader diharapkan mampu melakukan identifikasi kondisi kesehatan keluarga dan didokumentasikan ke dalam Diari Keluarga Sehat. Selanjutnya. pada bulan Oktober 2019, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa keluarga yang menjadi binaan TP-PKK Kecamatan untuk dilakukan evaluasi oleh Tim Pengabdian Masyarakat FKM Universitas Jambi.