OSPEK (orientasi study dan pengenalan kampus) adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru untuk dapat mengikuti perkuliahan dengan baik (terutama untuk membentuk paradigma yang akademis, sehingga tidak hanya bicara tentang gossip dan asumsi saja) dan mengenalkan kampus yang mereka tempati seperti apa

Kegiatan Pengenalan kehidupan kampus fakultas kesehatan masyarakat universitas jambi merupakan kegiatan yang kedua kalinya sejak dilaksanakan pada setahun yang lalu. Kegiatan ini diperuntukkan untuk Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan nama angkatan AFFECTION yang artinya “Keluarga baru yang penuh kehangatan dan kasih sayang”. Acara ini berlangsung dari pagi sampai dengan sore hari pada tanggal 07-08 Agustus 2018 kampus pondok meja Universitas Jambi.

Jumlah panitia dalam acara ini adalah sebanyak 53 orang dan jumlah peserta dari kegiatan ini (mahasiswa baru) sebanyak 155 orang. Ketua panitia dalam kegiatan ini adalah Febryan Antoni. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Fakultas Teknik dan Fakultas Teknik Pertanian yang ada di kampus pondok meja Universitas Jambi.